Gemass 11 Febuari 2022

~~~~~
📖 GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
🗓 Hari 26
Bagian 4 : PERJANJIAN DI GUNUNG SINAI
Bacaan hari ini: Keluaran 28-29
Ungkapan doa: Mazmur 26
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 26
https://drive.google.com/folderview?id=1pQmCGvnUZb85vwt8OiqZ_lLwsz2XOVQj

▶️Video #Fakta Alkitab :
Ditemukan Gunung Sinai Yang Asli – JC Channel
https://youtu.be/gTTMxISemV0

🌟 Keluaran 29:45-46 (TB)
_Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan Aku akan menjadi Allah mereka.
Maka mereka akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allah mereka, yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, supaya Aku diam di tengah-tengah mereka; Akulah TUHAN, Allah mereka.”_

💡Tuhan begitu rindu untuk tinggal bersama kita umat-Nya, agar kita mengenal-Nya dengan sungguh. Hanya dengan bergaul karib dengan Tuhan maka kita akan mengenal kasih dan kuasa-Nya yang ajaib!

🙏 Doa:
Tuhan terimakasih, Engkau mau tinggal bersama-Ku. Ajar aku bergaul akrab dan terbuka sehingga semakin hari semakin serupa dengan-Mu dan menyenangkan hati-Mu. Amin!
~~~~~
Bacaan besok: Keluaran 30-31
Ungkapan doa: Mazmur 27

~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 1 Samuel 17:55-18:30
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~
AWAS: IRI DAN BENCI!

Apa yang menyebabkan rasa sayang Saul berubah menjadi benci? Bahkan lebih dari itu, ia berniat membunuh Daud? Semula Saul sangat terkesan pada Daud. Tiga kali ia bertanya, anak siapa Daud itu (1Sam. 17:55-58). Dari sumber yang benar didapati jawaban bahwa Daud memiliki latarbelakang yang baik. Daud adalah anak Isai (1Sam. 17:58), keturunan Boas dari Rut (1Taw. 2:12; Rut 4:18-22). Lalu Saul menerima Daud sebagai tangan kanannya untuk berperang melawan musuh (1Sam. 18:5). Yonatan, putra Saul, mengikat persahabatan dengan Daud (1Sam. 18:1-4).

Kekaguman Saul dan Yonatan kepada Daud berbeda. Waktulah yang membuktikan siapa yang tulus dan yang tidak. Saat ujian datang menggempur, Saul limbung dan terhempas. Kekaguman bergeser menjadi kebencian. Apa pemicunya? Sederhana. Tarian dan nyanyian yang dilantunkan oleh rakyat Israel berisi syair yang lebih meninggikan Daud daripada Saul (7). Tentu saja telinga raja Saul tidak nyaman mendengarnya. Lama kelamaan rasa iri menyelinap masuk dan menumbuhkan kebencian di hati Saul. Iri hati semakin merasuk menguasai pikiran dan hati Saul. Fokus raja Saul sekarang hanya satu, yaitu melenyapkan Daud (11-29). Mulailah ia menyusun rencana menyingkirkan dan membunuh Daud. Rencana itu dilaksanakan satu demi satu. Syukur kepada Tuhan, tak satu pun niat jahat Saul yang berhasil. Semuanya gagal karena Tuhan menyertai Daud.

Betapa dahsyatnya dosa iri hati karena dapat merusak relasi. Karena iri hati, orang bersedia menghancurkan sesamanya dengan cara apapun. Mulai dengan memfitnah sebagai upaya pembunuhan karakter sampai pada upaya menggeser kedudukan dengan menggunakan pengaruh dan tekanan. Kalau perlu nyawa seseorang dihabisi. Iblis memanfaatkan egoisme seseorang yang pada akhirnya membinasakan jiwanya sendiri.

Renungkan: Waspadalah dan peliharalah hati yang penuh kasih kepada sesama. Bersyukur atas anugerah Tuhan dalam hidup kita.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Samuel 19:1-24 – Kuatnya Cinta

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu ke-6 sesudah Epifani
Jumat, 11 Februari 2022
~~~~~
MENGIKUTI SUARA ALLAH
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 1
Yeremia 13:20-27
1 Petrus 1:17-2:1

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 13 Februari 2022     

Mazmur 1
Hidup manusia bisa dibedakan dalam dua kelompok. Yang pertama adalah mereka yang suka melakukan perintah Tuhan dan merenungkannya siang malam. Kelompok ini akan diberkati Tuhan, seperti pohon di tepi aliran air, berhasil dalam segala hal serta mendapatkan bimbingan dan perlindungan dari Tuhan. Kelompok kedua adalah mereka yang jahat, yang suka melawan perintah Tuhan. Mereka seperti sekam ditiup angin, akan dipisahkan dari umat Allah dan akan dihukum Allah menuju kebinasaan. Silakan memilih jalan hidup kita dengan bijak.

▶️ Mazmur 1 – Maria Netta https://youtu.be/NSOfOe20U-A

Yeremia 13:20-27
Penduduk Yerusalem melakukan hal-hal yang jahat dan dibenci Tuhan. Mereka tergila-gila dan penuh semangat melakukan hal-hal tersebut sampai tidak lagi bisa dipulihkan karena sudah begitu menempel dan menyatu. Karena itu Tuhan mengambil tindakan pendisiplinan yang sangat keras. Tuhan sendiri turun tangan mempermalukan mereka dan membiarkan mereka dikuasai bangsa lain. Namun demikian Tuhan masih berharap bahwa mereka akan berbalik. Tuhan masih menunjukkan kasih- Nya meski dalam bentuk tindakan keras.

1 Petrus 1:17-2:1
Kita bersyukur karena menerima Kabar Baik yang adalah sabda Tuhan yang tidak akan sirna. Hidup kita yang dulunya sia-sia telah ditebus dengan darah Kristus yang tidak ternilai harganya. Karena itu respon yang pantas adalah memberikan hidup kita sepenuhnya supaya Allah dimuliakan. Sebagai saudara seiman kita juga saling mengasihi dan saling mendukung dalam menjalankan tugas perutusan kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 1
Yeremia 17:1-4
Lukas 11:24-28