Gemass 10 Maret 2022

Kamis, 10 Maret 2021
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
๐Ÿ—“ Hari 53
Bagian 5: PADANG GURUN
Bacaan hari ini: Ulangan 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 53
~~~~~
ALKITAB SUARA
๐ŸŽง GEMASS – Hari 53
https://drive.google.com/folderview?id=1FbgcqXeXUoch-n938Hotgva45oWbOLS0

โ–ถ Video Baca Alkitab: ULANGAN – Bible Project thebibleproject.com
https://youtu.be/q5QEH9bH8AU
(Pilih subtitle Indonesia)

๐ŸŒŸ Ulangan 2:7 (TB)
Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, dan engkau tidak kekurangan apa pun.

๐Ÿ’ก Empat puluh tahun bukanlah waktu yang singkat, tapi begitu lama dan sangat melelahkan. Itulah yang dialami oleh bangsa Israel. Sebuah perjalanan yang tidak mudah. Dalam hidup ini terkadang kita juga harus mengalami perjalanan yang melelahkan dan tidak mudah untuk kita lalui. Tetapi ada hal yang hendak Tuhan sampaikan kepada kita melalui Firman-Nya saat ini, bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan kita sedetikpun.

๐Ÿ™ Doa:
Ya Tuhan, ampuni aku karena sering kali melupakan Tuhan dalam perjalanan hidup yang ku tempuh, padahal sungguh aku butuh Engkau Tuhan, Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Ulangan 4-6
Ungkapan doa : Mazmur 54

Kamis, 10 Maret 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 2 Samuel 7:1-17
Doa โ‡’ Baca โ‡’ Renungkan โ‡’ Bandingkan โ‡’ Doa
~~~~~

PERJANJIAN KASIH TUHAN

Ayat 1 dari pasal 7 ini menjelaskan latar belakang kerinduan Daud untuk membangun rumah bagi Tuhan. Daud telah menikmati penyertaan Tuhan yang membuat hidupnya nyaman. Pada lubuk hati yang terdalam, Daud gelisah sebab menurutnya Tuhan harus mendapat posisi โ€œsenyamanโ€ dirinya juga. Karena itu, Daud punya ide untuk membangun sebuah rumah sebagai tempat tinggal Tuhan. Ide tersebut dipandang baik oleh nabi Natan, namun tidak demikian bagi Tuhan.

Di sini yang menarik dari perkataan Tuhan kepada Daud adalah kata Ibrani โ€œbethโ€ yang artinya โ€œrumahโ€. Tetapi di ayat 11, Tuhan memakai kata โ€œbethโ€ dalam pengertian yang berbeda. Kata itu tidak diartikan sebagai rumah, melainkan sebagai keturunan. Permainan arti kata ini bermakna bahwa bukan Daud yang mendirikan rumah bagi Tuhan, sebaliknya keturunan Daud yang akan membangun rumah Tuhan. Jelas sekali nubuat ini berbicara mengenai keturunan Daud yang akan tetap menduduki takhta kerajaan Israel (6), dan juga tentang Mesias yang akan lahir dari keturunan Daud.

Mengenai pembangunan rumah, Tuhan menentukan sendiri siapa yang akan mendirikannya, yaitu Salomo (12). Mengapa? Karena tangan Daud telah banyak menumpahkan darah sehingga tidak layak untuk mendirikan rumah bagi Tuhan (bdk. 1 Taw.22:8). Penentuan ini menjadi teguran bagi Daud bahwasanya Tuhan tidak menyukai pertumpahan darah yang terjadi selama pemerintahan Daud berlangsung.

Renungkan: Tuhan menolak Daud sekaligus memberi berkat pada saat yang bersamaan. Itulah kasih Tuhan yang adil, yaitu Dia tidak hanya mengasihi umat-Nya, tetapi juga mendidik umat-Nya apabila mereka berdosa. Apabila kita merasakan teguran-Nya, pahamilah bahwa itu pun merupakan tanda kasih-Nya bagi kita. Dibalik teguran-Nya, ada kasih-Nya yang sangat besar.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 2 Samuel 7:18-29 โ€“ Keikhlasan untuk Bersyukur

๐Ÿ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Pra Paskah II
Kamis, 10 Maret 2022
~~~~~ 
BERARAK MENUJU HIDUP SEJATI

Bacaan hari ini:
Mazmur 27
Kejadian 13:1-7
Filipi 3:2-12

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 13 Maret 2022

Mazmur 27
Terang dan keselamatan, benteng yang kokoh adalah gambaran Tuhan dari pemazmur yang mengenal dan bergaul dengan-Nya (ay. 1-2). Pergaulannya dengan Tuhan membawanya kepada kerinduan yang dalam untuk berdiam di dalam Tuhan, agar terus dapat melihat dan menikmati kemuliaan Tuhan, merasakan kehadiran-Nya (ay.4). Bagaimana pemazmur dapat begitu dengan Tuhan? Dari mengikuti firman-Nya, mencari wajah Tuhan, mencari kehadiran Tuhan. Pemazmur sangat sadar bahwa di dalam Tuhan sajalah ada kehidupan, ada keselamatan. Pemazmur memberikan teladan bagi kita untuk hidup di dalam naungan Tuhan, karena hanya Dialah yang dapat memberikan ketenangan dan keselamatan.
 
โ–ถ๏ธ Mazmur 27 – Grace Shintia
GKI Rawamangun https://youtu.be/LHbhrmaOoFs

Kejadian 13:1-7, 14-18
Abram dan Lot beserta keluarga mereka melakukan perjalanan dari Mesir ke Negeb, kembali ke daerah Betel dan Ai (ay.1-4). Perkelahian antara para gembala Lot dan Abram mengharuskan mereka untuk berpisah. Abram mengijinkan Lot untuk memilih tempat terlebih dahulu, walau secara hukum kelayakan seharusnya dia berhak memilih lebih dulu dari Lot. Lot pun memilih tempat yang terlihat oleh mata adalah tempat yang subur. Namun, Abram memercayai Tuhan, dan Tuhan meneguhkan kepadanya tanah dan janji keturunan yang tak terhitung jumlahnya (ay.14-17). Abram tak sedikitpun merasa kuatir akan tempat dimana dia akan tinggal, karena dia mempercayai Allah menyertai kehidupannya.

Filipi 3:2-12
Paulus menyebut tujuh hal yang sebelumnya ia perhitungkan sebagai keuntungan (ay.5-6). Namun, itu semua ternyata sebuah kerugian (ay.7), apa yang dahulu diandalkan ternyata tidak berarti. Paulus telah menemukan jalan sejati untuk diterima Allah, yaitu di dalam Kristus. Mengenal Kristus adalah yang lebih agung dari semua yang dia miliki sebelumnya. Di dalam rasa sukacitanya ini, Paulus mengejar dan berjuang untuk mengenal dan menjadi seperti Kristus (ay.10-12). Paulus menyadari, mengerti bahwa hanya di dalam Kristuslah ada kehidupan sejati, bagaimana dengan kita?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 27
Kejadian 14:17-24
Filipi 3:17-20