Gemass 1 Juni 2022

Rabu, 1 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 136
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Mikha 5-7
Ungkapan doa : Mazmur 131
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 13

🌟 Mikha 7:18-19 (TB)
Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia? Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.

πŸ’‘Tuhan itu adil, maka kita yang diciptakan menurut gambar dan rupanya, juga mengenal nilai-nilai keadilan. Tetapi sayangnya keadilan kita telah tercemar dosa, sehingga terkadang kita baru merasa puas setelah seseorang dihukum setimpal dengan kesalahannya. Kita perlu belajar dari keadilan Allah yang berjalan berdampingan dengan kasih sayang-Nya. Ia mengampuni Israel yang sudah memberontak kepada-Nya.

πŸ™ Doa:
TUHAN, berikanlah aku hati seperti hatimu, yang rela mengampuni dan memaafkan kesalahan orang lain.
~~~~~
Bacaan besok : Nahum 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 132
 Rabu, 1 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 9:16-37
Doa => Baca => Renungkan =>
Bandingkan => Doa
~~~~~

PENGGENAPAN HUKUMAN ALLAH

Keadilan Allah pada manusia dinyatakan dengan dua cara, yaitu menghukum mereka yang berdosa dan mengampuni mereka yang bertobat. Cara pertama menimpa mereka yang menganggap sepele keadilanNya, sedangkan cara kedua akan diberlakukan bagi mereka yang menyadari kesalahannya, bertobat, dan berpaling padaNya.

Penantian Allah bagi pertobatan keluarga Ahab telah berakhir. Dosa keluarga Ahab harus memperoleh hukuman Allah (2 Raj. 9:24,27). Dosa apa saja yang dilakukan Ahab? Ahab menikahi Izebel, seorang wanita jahat yang membawa Ahab dan umat-Nya kepada penyembahan berhala (lih. 1 Raj. 16:31,35). Ahab berlaku licik pada Nabot dengan merebut kebunnya (lih. 1 Raj.21:1-19). Ahab memperkenalkan ilah lain kepada bangsanya dan mendirikan mezbah-mezbah untuk penyembahan berhala (lih. 1 Raj. 16:32-33).

Akibat semua perbuatan Ahab itu, Allah akan menimpakan penghukuman-Nya yang dituliskan pada nas ini. Pertama, darah keturunan Ahab akan dicurahkan (2 Raj. 9:25-
26). Seluruh keturunan Ahab akan dimusnahkan. Kedua, jasad Izebel yang menolak Allah itu akan ditemukan dalam keadaan mengenaskan karena dimakan oleh anjing di kebun Nabot (31). Itulah hukuman keras bagi orang yang telah menyesatkan suaminya, keluarganya, dan bahkan seluruh bangsa.

Renungkan: Apa yang dapat kita pelajari dari perilaku Ahab juga keluarganya? Tuhan pasti akan membalaskan kejahatan orang yang tidak takut akan Tuhan. Ia adalah Allah yang adil dan tidak terlambat dalam melakukan penghukuman-Nya. Keputusan keliru dalam memilih pasangan hidup akan berakibat pada seumur hidup kita dan mempengaruhi orang-orang lain di sekitar kita. Bertobatlah supaya hukuman tidak menimpa anda. Mintalah hikmat Tuhan agar anda tidak keliru dalam mengambil keputusan penting untuk hidup anda.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Akhir Cerita Sang Ratu Dursila (2 Raja-raja 9)| Petrus Kwik | Bible Every Day

~~~~~
Bacaan besok: 2 Raja-Raja 10:1-17 – Dosa harus Dibersihkan Sampai Tuntas
 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah VII
Rabu, 1 Juni 2022
~~~~~
SUPAYA DUNIA PERCAYA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 29
Yehezkiel 3:12-21
Lukas 9:18-27

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 22 Mei 2022.

Mazmur 29
Bunyi guntur menggambarkan suatu energi yang dahsyat dan terkesan menggelegar menakutkan. Dan digambarkan suara Allah yang terkandung dalam bunyi guntur itu seringkali disertai kilat yang dapat menyambar bahkan dapat menghanguskan menjadi abu debu. Demikianlah kemuliaan dan kedaulatan Allah yang berkuasa atas kehidupan, sehingga hendaknya tidak ada seorangpun yang layak menyombongkan dirinya dan menganggap dapat menguasai dunia dengan segala kepunyaannya. Bagaimanapun, manusia hanya sebutir debu yang diciptakan oleh Allah yang seharusnya menyembah dan taat kepada PenciptaNya.

▢️ Mazmur 29 – Pesta Limbong
YKB GKI TV

Yehezkiel 3:12-21
Orang jahat akan mati jika ia tetap berkanjang dalam kejahatannya, namun jika ia bertobat maka ia akan hidup, maksudnya ialah pertobatan yang terjadi dari dalam dirinya dan bukan terlihat dari luarnya saja. Dengan bertobat, ia melepaskan diri dari keterikatan dan kecenderungannya berbuat kejahatan. Tuhan mengasihi dan memberi kesempatan, namun jika seseorang tidak sungguh-sungguh bertobat dari hidupnya yang jahat, maka pengharapannya akan meredup.

Lukas 9:18-27
Diantara kesibukan-kesibukan kita, hendaknya kita tetap memiliki waktu pribadi bersama Tuhan. Ini merupakan teladan yang Kristus berikan kepada kita yang menandakan adanya relasi yang harus diciptakan dan dipelihara. Berdisiplin diri dengan Saat teduh yang diisi dengan berdoa, pujian dan pembacaan serta perenungan Firman Tuhan sendiri, akan menolong iman kita untuk bertumbuh terutama ketika menghadapi persoalan. Kita tidak sendirian tetapi ada Tuhan yang mendampingi kita melewati masa-masa sulit dan bertahan.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 104:24-35
Yesaya 32:11-17
Galatia 5:16-25