Gemaas 1 November 2022

*Selasa, 1 November 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ“– *GEMASSreguler 2022* – FIRMAN UNTUK SEMUA 

_Tersedia dalam apps GKI Layur_

http://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ—“ *Hari 289*

*Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH*

*Bacaan hari ini* : Kisah 21-22

*Ungkapan doa* : Mazmur 129  

~~~~~~~~~~~~~~~~

 

*ALKITAB SUARA*

🎧 GEMASS – Hari 289

https://drive.google.com/folderview?id=1lX4v_B4HGhbrGEyK_id-aCihT0uSdTCX

 

🌟 *Kisah Para Rasul 21:13* (TB)   

_Tetapi Paulus menjawab : “Mengapa kamu menangis dan dengan jalan demikian mau menghancurkan hatiku? Sebab aku ini rela bukan saja untuk diikat, tetapi juga untuk mati di Yerusalem oleh karena nama Tuhan Yesus”._

 

πŸ’‘ Relasi Paulus dengan Kristus sangat dalam, sehingga rela membayar harga demi Kristus. Bagaimana kita menempatkan Kristus sebagai alat atau sebagai tujuan dalam hidup kita?

 

πŸ™ *Doa:* 

Tuhan, ajar aku agar bisa menempatkan Kristus sebagai tujuan dalam hidupku. Amin. 

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok* : Kisah 23-24

*Ungkapan doa* : Mazmur 130

 *Selasa, 1 November 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ“– *GEMASSplus SH KITAB – 2022*

Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi *INJIL YOHANES* 

 

Bacaan hari ini : *Yohanes 14:15-24*

Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa

~~~~~~~~~~~~~~~

 

*_ALLAH BESERTA KITA_* 

 

  Sepeninggal Yesus, para murid-Nya akan menerima penyertaan yang tak putus-putus. Yesus tidak akan meninggalkan para murid seperti seorang anak yatim piatu, yang tidak memiliki pelindung. Yesus akan menyertai, menghibur, menguatkan mereka melalui Dia yang setara dengan-Nya, yaitu Penolong lain, yang adalah Roh Kudus.

 

  Yesus menjanjikan kehadiran Roh Kudus. Roh Kudus hadir sebagai pengajar kebenaran bagi para murid (17a). Kebenaran yang diajarkan Roh Kudus bersumber dari Allah di dalam Yesus. Itu sebabnya, dunia tidak mungkin menerima Dia sebab dunia menolak Yesus, Sang Kebenaran itu (lihat ayat 6, 22-23). Hanya seorang murid sejati yang dapat menerima kehadiran Roh Kudus dalam dirinya (17b). Bukti hadirnya Roh Kudus dalam diri murid adalah kasihnya kepada Yesus dan ketaatannya akan firman-Nya (15, 21, 23-24).

 

  Adanya hubungan erat dan pengidentifikasian kehendak serta misi antara Yesus, Bapa, dan Roh Kudus berpengaruh pada hubungan orang beriman dengan Allah (20). Yesus dan Bapa akan hadir dalam hidup para murid yang mengenal dan mengasihi Yesus. Barang siapa mengasihi Yesus, Bapa juga mengasihinya (21, 23). Hubungan istimewa ini tidak dikenal oleh dunia melainkan diketahui oleh para murid Yesus. Mereka merasakan kehadiran Yesus dalam hidup mereka (18-20). Kapan dan bagaimana Yesus akan hadir dalam hidup mereka? Ada tiga penafsiran. Ia akan hadir setelah kebangkitan-Nya (19). Ia akan kembali pada kedatangan-Nya yang kedua (3). Ia ada di hati orang percaya melalui Roh Kudus (17).

 

  Para murid Yesus masa kini adalah tiap orang yang mengasihi Dia. Secara kasat mata kita tidak melihat Yesus, tetapi kita bersama Yesus sebab janji penyertaan-Nya terus berlaku hingga kini. Sekarang, kita hidup dalam penantian kedatangan Kristus. Mari kita wujudkan kasih kepada Allah dengan ketaatan kepada-Nya.

  

Sumber : _Santapan Harian Gemass edisi Injil Yohanes_

https://www.su-indonesia.org 

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok* : Yohanes 14:25-31 – _Damai yang sejati_

πŸ“– *GEMASSplus LEKSIONARI*

Tahun C

Minggu Biasa-20

*Selasa, 1 November 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

KELUARGA YANG MEMILIKI HIDUP YANG BERDAMPAK

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan hari ini:*

Mazmur 50

Zakharia 7:1-14

Yudas 5-21

 

_Tersedia dalam apps GKI Layur_

Https://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~~~~~~~~~~~

Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 30 Oktober 2022.

 

*Mazmur 50*

Mentaati perjanjian dengan Tuhan lebih penting daripada mempersembahkan korban (melakukan ritual religius tanpa motivasi yang benar). Umat Israel diperingatkan Tuhan karena mereka memang melakukan kewajiban ritual, namun juga melakukan penindasan kepada sesama. Mereka mengira bahwa Tuhan tutup mata terhadap hal itu. Ternyata Tuhan menegur mereka dengan keras dan meminta mereka segera bertobat dan berbalik kepada Tuhan. Menolak dan mengabaikan kesempatan tersebut akan berakibat fatal. Merespon dengan benar, mendatangkan keselamatan.

 

▢️ Mazmur 50:1-6 ​| Pnt. Ronauli T

YKB GKI TV 

 

*Zakharia 7:1-14*

Tuhan sudah memberi peringatan kepada generasi pasca pembuangan melalui Nabi Zakharia, namun ternyata mereka melakukan kesalahan yang sama dengan nenek moyangnya. Mereka pikir bahwa berpuasa saja sudah cukup untuk melunakkan hati Tuhan sambil tetap menindas dan merugikan sesama. Memang pemulihan umat Tuhan adalah karya Allah namun manusia memiliki bagian untuk taat dan menguduskan diri dengan mengasihi sesamanya sebagai bukti mengasihi dan taat kepada Tuhan.

 

*Yudas 5-21*

Penulis surat Yudas mengingatkan pembacanya untuk tetap bertekun di dalam mentaati firman Allah dan hidup dalam kekudusan. Mereka harus bertahan terhadap godaan dunia yang suka memuaskan hawa nafsu dan keinginan daging seperti yang dilakukan penduduk Sodom dan Gomora. Mereka yang melawan Allah terlihat dari cara memperlakukan sesama dan bagaimana mengendalikan keinginan daging. Mari bersandar terus kepada Allah agar kita dimampukan untuk tetap setia hingga akhir.

 

Renungan pelengkap:

https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

 

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok:*

Mazmur 50

Amos 5:12-24

Lukas 19:11-27