Empat Cara untuk Hidup Lebih Sehat

Empat Cara untuk Hidup Lebih Sehat

19 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Amsal 14:30 “Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.”

Beberapa orang cenderung beranggapan jika tubuh mereka terpisah sepenuhnya dari roh mereka. Tapi sebenarnya, ada kaitan langsung antara kesehatan rohani dengan kesehatan fisik Anda. Bahkan Alkitab dipenuhi dengan nasihat-nasihat kesehatan yang mungkin tidak akan Anda temui di buku-buku tentang gizi dan makanan sehat.

Berikut ini empat cara dari Alkitab yang bisa Anda lakukan untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

Percaya kepada Tuhan.
Dalam kehidupan, Anda akan menyembah Tuhan atau khawatir. Anda akan berdoa atau panik. Alkitab berkata dalam Mazmur 116:7, “Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu.” Tuhan ingin Anda yakin pada-Nya dan tenang di dalam Dia. Dia akan merawat Anda!

Akui dosa Anda.
Salah satu hal tersehat yang bisa Anda lakukan ialah menerima pengampunan Tuhan. Jangan menumpuk atau menyembunyikan dosa Anda, tapi ungkapkanlah kepada Tuhan. Jika Anda tidak membicarakan dosa Anda kepada Tuhan, maka itu akan membawa efek ke tubuh Anda. Hal ini terjadi pada Daud, “Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari; … sumsumku menjadi kering, … Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; … dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku”
(lihat Mazmur 32:3-5).

Memberi dengan murah hati.
Tidak salah jika kata “kikir” dan “menderita” saling bertalian. Orang yang kikir menderita; mereka selalu sedih. Tetapi orang yang murah hati selalu riang. Amsal 11:25 mengatakan, “Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.”

Tahukah Anda bahwa ada lebih banyak janji dalam Alkitab tentang memberi dan kemurahan hati dibanding topik-topik lainnya? Allah gemar memberi, dan Dia ingin Anda belajar untuk mengikuti teladan-Nya itu. Setiap kali Anda memberi, hati Anda bertumbuh besar—sehingga Anda mampu mematahkan cengkeraman materialisme yang menyengsarakan.

Nikmati Hidup.
Hidup ini adalah untuk dinikmati, bukan hanya sekedar dijalani. Bahkan Alkitab mengatakan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu untuk sukacita Anda. 1 Timotius 6:17 mengatakan, “Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.”

Anda pasti sering mendengar orang berkata, “Keluarga yang berdoa bersama akan tetap bersama.” Itu benar. Tetapi juga benar jika kita berkata, “Keluarga yang bermain bersama akan tetap bersama.” Anda perlu menikmati hidup. Anda perlu bersenang-senang.

Saudara, bukan hanya apa yang Anda makan yang penting, tetapi juga apa yang memakan jiwa Anda. Anda bisa mengonsumsi probiotik terbaik atau makan makanan yang paling segar, paling sehat, dan yang paling organik, tetapi apabila Anda membenci ayah Anda, iri pada teman Anda, atau masih menyimpan rasa bersalah atas sesuatu yang pernah Anda perbuat, maka itu akan membusukkan tulang Anda: “Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang”
(Amsal 14: 30).

Renungkan hal ini:
– Apa respons pertama Anda saat Anda mulai khawatir atau panik? Jika respons Anda ialah tidak yakin kepada Tuhan, apa yang harus Anda lakukan hari ini untuk menjadikan percaya kepada-Nya sebagai suatu kebiasaan?
– Dalam hal apa Anda perlu menerima pengampunan Tuhan? Apa dampak dari tidak mengakui dosa Anda bagi kesehatan Anda?
– Deskripsikan bagaimana kemurahan hati pernah memenuhi Anda (juga orang lain) dengan sukacita?
– Apa cara Anda untuk memasukkan kegiatan yang menyenangkan ke dalam hidup Anda hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
I Tawarikh 7 – 9 ; Yohanes 6 : 22 – 44

Ketika Anda memandang Allah—dengan rasa percaya, pengakuan dosa, kemurahan hati, dan dengan menikmati hidup—maka Dia akan memenuhi Anda dengan damai sejahtera.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)