Doa dan Rancangan Yesus atas Kegagalan Anda

Doa dan Rancangan Yesus atas Kegagalan Anda

25 April 2022

Bacaan Hari ini:
Lukas 22:31-32 “Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.”

Yesus tidak kaget dengan kegagalan Anda.

Dia berkata pada Simon Petrus dalam Lukas 22:31-32, “Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.” Ayat yang sangat kuat ini mengajarkan banyak hal tentang kegagalan.

Sama seperti kepada Petrus, Yesus pun tahu setiap kegagalan dalam hidup Anda sebelum itu terjadi. Dia tak akan terkejut dengan kegagalan-kegagalan yang akan Anda alami tahun ini atau keputusan-keputusan buruk yang akan Anda buat jauh di hari-hari mendatang. Dia sudah tahu itu semua. Dia tahu masa lalu, sekarang, dan masa depan. Dia tahu segalanya sebelum itu terjadi. itulah mengapa Dia juga berdoa buat Anda sebelum kegagalan Anda terjadi.

Yesus sudah tahu bahwa Anda akan bertobat dan dipulihkan dari dosa, kesalahan, dan keputusan buruk yang akan Anda buat di masa depan.

Tuhan Maha Tahu. Dan karena Dia sudah tahu, maka Dia telah berdoa untuk Anda. Dia telah berdoa bukan hanya supaya Anda berhasil melewatinya, tetapi supaya Anda bertobat dari dosa Anda dan untuk kemudian—bagian terakhir dari ayat ini—menguatkan saudara-saudara.

Yesus ingin Anda membantu orang lain selagi Anda belajar dari kesalahan Anda. Satu bagian dari mimpi Tuhan atas Anda ialah mengambil pelajaran dari kesalahan Anda untuk membantu orang lain.

Empat hal yang Yesus katakan kepada Petrus, juga Dia tujukan untuk Anda: “Aku tahu setiap kesalahan yang akan engkau buat dalam hidupmu, tapi Aku sudah berdoa untukmu. Karena itulah, Aku tahu engkau akan kembali pada-Ku. Dan ketika kau kembali, Aku ingin engkau membantu orang lain.”

Sungguh sebuah kabar baik. Sebab pada akhirnya, Anda tidak bisa menghancurkan hidup Anda apabila Anda telah memberikannya kepada Allah. Dia akan menolong Anda.

Tiap orang pasti pernah dan akan mengalami kegagalan. Tetapi bagaimana Anda menanggapinya, itulah yang membedakan Anda dengan orang lain.

Renungkan hal ini:
– Meski Yesus sudah tahu bahwa Anda akan bertobat, mengapa proses pertobatan harus tetap terjadi?
– Apakah kebenaran bahwa Yesus berdoa untuk Anda menghibur dan menenangkan Anda? Mengapa atau mengapa tidak?
– Apa kegagalan Anda dalam menaati Tuhan yang harus Anda akui hari ini? Bagaimana Anda akan menggunakan pengalaman Anda akan kasih karunia Tuhan untuk membantu orang lain?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 21-22; Lukas 18:24-43

Sebagai murid Yesus, bertobatlah dari dosa Anda; kemudian kuatkan orang percaya lainnya di dalam iman mereka dan tunjukkan bagaimana caranya taat kepada Firman Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)