Di Masa Sulit, Tetaplah Berusaha

Di Masa Sulit, Tetaplah Berusaha

09 Februari 2022

Bacaan Hari ini:
Amsal 24:10 “Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.”

Hidup ini penuh dengan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, dan banyak orang membiarkan hal itu menghambat mereka dalam mengejar impian yang telah Tuhan tetapkan di hati mereka. Di tengah situasi dan masalah yang tak terkendali, belajarlah untuk menjalani hidup Anda untuk Tuhan dan lakukan apa pun yang Dia minta Anda kerjakan.

Anda bisa mengontrol sikap Anda, respons Anda, dan seberapa besar Anda percaya pada Tuhan. Pilihlah untuk melakukan itu.

Selama masa pandemi COVID-19, banyak orang terpaksa menunda segala sesuatunya dalam hidup mereka. Mereka merasa berada dalam ketidakpastian, sehingga mereka tidak berbuat apa pun. Mereka memilih untuk menunggu. Dan merekalah yang paling frustrasi.

Mungkin saat ini Anda tidak bisa melakukan semua yang Anda mau, tapi itu bukan berarti Anda tidak bisa melakukan sesuatu. Bukan berarti Anda harus menjadi pasif dan menyia-nyiakan hari-hari selama pandemi ini.

Keterbatasan merupakan kesempatan bagi kreativitas. Ketika gereja kami tak dapat melakukan ibadah secara langsung, kami menjadi lebih aktif dan efektif dalam melaksanakan empat misi lain gereja kami: misi persekutuan, pemuridan, pelayanan, dan pengutusan.

Tahun pertama pandemi boleh jadi merupakan tahun terburuk buat kami—dan tentu saja terasa bagaikan yang terparah dalam berbagai aspek—namun pada akhirnya, itu menjadi tahun yang luar biasa bagi gereja kami untuk memulai kelompok kecil, menggembalakan murid, melakukan pelayanan di komunitas-komunitas, dan menjangkau lebih banyak orang yang belum mengenal Kristus melebihi yang pernah kami capai sebelumnya. Hal ini terjadi karena begitu banyak orang telah mengerti bahwa gereja itu jauh lebih dari sekedar ibadah. Gereja adalah tentang keluarga, yang berarti aktif setiap hari dalam seminggu, bukan hanya pada hari Minggu.

Kita tidak bisa mengontrol bagaimana pandemi ini membuat kita tak bisa bertatap muka saat beribadah. Tetapi kita dapat mengontrol bagaimana kita meresponsnya, dan memilih untuk menggunakan sumber daya dan sarana yang kita punya.

Amsal 24:10 mengatakan, “Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.”

Pernahkah Anda berhenti berusaha? Pernahkah Anda menyerah pada sesuatu karena Anda tak bisa mengendalikan sebagian dari itu?

Selama masa-masa pencobaan ini, Anda harus terus berusaha. Ada banyak masalah di dunia saat ini, tetapi bukan berarti Anda tidak berdaya. Datanglah kepada Tuhan dan andalkan Dia. Ubah sikap Anda. Gunakan berkat yang sudah Anda punya untuk membantu sesama.

Ini bisa menjadi tahun terbaik Anda.

Renungkan hal ini:
– Apakah ada area dalam hidup Anda yang terasa di luar kendali Anda? Apa saja peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk tumbuh dan melayani di tengah situasi Anda?
– Apa yang perlu diubah dari sikap Anda agar lebih mencerminkan keyakinan Anda kepada Tuhan yang senantiasa memegang kendali?
– Bagaimana dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan sesama memberi Anda perspektif yang benar selama masa-masa sulit?

Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 6-7; Matius 25:1-30

Kendalikanlah yang bisa Anda kendalikan, kemudian percayakan sisanya kepada Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)