Daripada Menggerutu, Bersyukurlah

Daripada Menggerutu, Bersyukurlah

21 Juni 2022

Bacaan Hari ini:
1 Tesalonika 5:18 “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Bersungut-sungut adalah satu kebiasaan yang sulit dihilangkan, sebab manusia pada dasarnya punya pemikiran negatif baik secara natural atau oleh karena keadaan dan pengaruh lingkungan. Semenjak Adam dan Hawa, kita membenarkan dan menyalahkan. Kita membenarkan diri kita sendiri atas kesalahan yang kita buat, tapi juga menyalahkan orang lain atas kesalahan kita tersebut.

Kita berkata, “Jika saja saya tidak menikah dengan pasangan saya, pasti sekarang saya bahagia. Jika saja saya tidak menikah, pasti sekarang saya bahagia. Jika saja saya tidak memiliki anak, saya pasti akan bahagia. Jika saja anak-anak saya keluar dari rumah ini, pasti sekarang saya bahagia.”

Itulah pemikiran “pengandaian.” Namun, Anda bisa memilih untuk bahagia! Anda tidak boleh menyalahkan orang lain atas ketidakbahagiaan Anda karena kebahagiaan adalah pilihan. Anda harus berhenti membenarkan dan menyalahkan; Anda harus berhenti menggerutu dan mempermasalahkan perkara-perkara kecil.

Alkitab berkata, “Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia”
(Filipi 2:14-15).

Itu mungkin beberapa ayat Alkitab yang paling sulit dilakukan. Tetapi buat saya, ayat yang paling menakutkan dalam Alkitab adalah Matius 12:36, di mana Yesus berkata, “Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.”

Sungguh kata-kata yang membuat bulu kuduk berdiri. Sudah berapa kali Anda mengeluh, menggerutu, atau memperdebatkan sesuatu yang seharusnya bisa Anda maklumi dan pahami? Hukum kehidupan adalah berikut: Jangan memusingkan perkara-perkara kecil.

Alkitab berkata dalam 1 Tesalonika 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Penelitian demi penelitian telah menunjukkan bahwa bersyukur adalah sikap yang paling sehat.

Apa yang harus Anda syukuri?
Ingatlah, apa pun yang sedang terjadi dalam hidup Anda, Tuhan selalu menyertai Anda, Tuhan selalu ada di dalam Anda, dan Tuhan selalu ada buat Anda.

Itulah alasan untuk kita bersyukur, ketimbang bersungut-sungut.

Renungkan hal ini:
– Menurut Anda, apakah Anda kelak harus memberi pertanggungjawaban kepada Tuhan atas hal-hal “kecil” yang pernah Anda keluhkan? Mengapa atau mengapa tidak?
– Menurut 1 Tesalonika 5:18, apa kehendak Allah untuk hidup Anda?
– Apa saja cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mempraktikkan rasa syukur sepanjang hari?

Bacaan Alkitab Setahun :
Ester 3-5; Kisah Para Rasul 5:22-42

Bersungut-sungut dan mempermasalahkan hal-hal kecil akan selalu membuat Anda kehilangan sukacita Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)