Cara untuk Mulai Keluar dari Jerat Utang

Cara untuk Mulai Keluar dari Jerat Utang
 
24 Juli 2022
 
Bacaan Hari ini:
Amsal 3:27 “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.”
 
 
Dalam Alkitab, Tuhan mengatakan dengan sangat jelas apa yang Dia rasakan tentang utang. Dalam kitab Amsal dikatakan, “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya” 
(Amsal 3:27).
 Dikatakan juga dalam kitab Roma, “Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga” 
(Roma 13:8a).
 
Anda mungkin sudah tahu hal ini secara intuisif, tetapi Tuhan menekankan ini dalam Alkitab: Utang bukanlah hal yang baik.
 
Akan tetapi, banyak orang mendapati diri mereka tenggelam di dalam utang. Padahal sebenarnya mereka mampu membayar jika saja mereka melunasi utang mereka yang sebelumnya.
 
Itu juga yang Tuhan inginkan atas Anda. Dia ingin Anda melunasi utang Anda sehingga Dia dapat memberkati Anda dalam keuangan Anda. Namun kenyataannya, keluar dari jerat utang bukanlah hal yang mudah. 
Pertama Anda harus berkomitmen untuk melakukannya, dan kemudian membuat rencana untuk menjalankannya. Mari kita lihat dua langkah tersebut.
 
Berkomitmen untuk keluar dari jerat utang. Anda tentu tahu bahwa sangat mudah masuk ke dalam jerat utang. Anda bahkan tak perlu memikirkannya. Namun sangatlah tidak mudah untuk lepas dari utang. Anda harus memutar balik dan mulai dari awal. Buatlah komitmen meskipun itu sulit, komitmen terhadap waktu, dan kemudian disiplin menjalankannya.
 
Sangatlah mudah untuk merasa sendirian untuk bisa bebas dari utang, tetapi Tuhan tahu di mana Anda berada! Dia tahu bahwa ini akan terjadi. Dan di tengah masalah Anda, Dia ingin membantu Anda, menguatkan Anda, dan mendewasakan Anda. Dia akan menyertai Anda dalam masa-masa sulit ini. Anda tidak sendiri.
 
Buatlah rencana untuk keluar dari jerat utang. Bebas dari utang adalah tugas yang dilakukan hari demi hari, langkah demi langkah. Itu meliputi satu kata yang tidak disukai kebanyakan orang:  disiplin. Disiplin berarti tidak membeli itu, memutuskan untuk melakukan ini, memutuskan untuk tidak tidak melakukan itu.
 
Alkitab berkata dalam Amsal 21:5, “Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.”
 
Ketika Anda terlilit utang, Anda kesakitan- akibatnya Anda ingin keluar dari rasa sakit itu sesegera mungkin dan akhirnya tergoda untuk mengambil jalan pintas.
 
Namun, ketimbang mengejar jalan pintas, carilah rancangan Tuhan. Kemudian berkomitmenlah pada rencana tersebut, bulatkan tekad untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk menggapai gol finansial Anda.
 
Bayangkan di mana Anda berada dalam setahun ini jika saja Anda mulai mengambil langkah-langkah untuk bebas dari utang. Lalu putuskan untuk mengambil langkah-langkah tersebut setiap hari dengan mengandalkan hikmat dan kasih karunia Tuhan.
 
Renungkan hal ini:
– Mengapa banyak orang kesulitan untuk disiplin dengan keuangan mereka?
– Jika saja Anda tidak memiliki utang apa pun saat ini, apa yang berbeda dengan hidup Anda?
– Secara finansial, bayangkan di mana Anda ingin berada dalam satu tahun. Apa yang harus Anda lakukan setiap hari untuk menggapai tujuan itu?
 
 
Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 35-36; Kisah Para Rasul 25
 
 
Jika Anda berutang, jangan abaikan peringatan dari Alkitab ini: Hati-hati dengan jalan pintas ini.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)