Cara Meringankan Rasa Sakit Teman Anda

Renungan Harian 27 Februari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Roma 12:15 “Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!”

Ada yang menarik tentang rasa sakit dan sukacita. Setiap kali Anda berbagi sukacita, maka itu akan berlipat ganda. Namun, itu berbanding terbalik dengan rasa sakit. Ketika Anda berbagi rasa sakit, maka itu akan dibagi dua.

Oleh sebab itu, ketika teman-teman Anda sedang mengalami krisis, mereka butuh Anda untuk membantu memikul beban mereka dan meringankan rasa sakit mereka.

Berbagi rasa sakit tidak sama dengan simpati. Simpati berkata, “Aku sedih mendengar kau bersedih.” Orang lain tidak butuh simpati Anda. Mereka butuh empati Anda. Empati berkata, “Aku bersedih denganmu.”
Simpati berdiri di kejauhan. Empati datang menghampiri.

Bentuk utama dari cinta ialah kasih sayang. Kasih sayang berkata, “Aku akan melakukan apa pun yang kubisa untuk menghentikan rasa sakitmu.”

Jika Anda membaca Alkitab, Anda akan menemukan bahwa Yesus berulang kali tergerak oleh kasih sayang. Dia ikut menanggung rasa sakit orang lain. Dan untuk menghentikan rasa sakit hati mereka, Dia pun rela melakukan apa pun yang Dia bisa, termasuk mati di kayu salib.
Ya, benar sekali — Dia rela mati untuk menghentikan luka Anda. Itulah kasih sayang.

Alkitab berkata dalam Roma 12:15, “Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!”

Apa yang dilakukan teman yang sejati terhadap satu sama lain? Mereka datang. Dan ketika mereka datang dan mendapati temannya sedang bersedih, kadang mereka duduk dan menangis bersama — mereka menangis dengan mereka yang menangis.

Teman sejati tidak memberi nasihat apabila teman mereka tidak siap mendengarkan. Mereka tidak mencoba membicarakan kesedihan teman mereka. Mereka tidak memberi janji bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Mereka hanya datang, tak mengucapkan sepatah kata pun, lalu ikut bersedih dengan teman mereka. Dengan melakukan itu, mereka meringankan rasa sakit orang tersebut dan menunjukkan kasih sayang yang dari Kristus.

Renungkan hal ini:
– Bacalah Alkitab dan catat kapan saja Yesus menunjukkan kasih sayang-Nya. Apa yang hendak Dia ajarkan kepada kita lewat itu?
– Bagaimana seseorang pernah memperlihatkan kasih sayang Kristus kepada Anda atau kepada seseorang yang Anda kenal?
– Siapa seseorang yang Anda kenal yang sedang merasakan luka hari ini? Bagaimana caranya agat Anda dapat menunjukkan kasih sayang dari Kristus kepada orang tersebut?

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 17-19; Markus 6:30-56

Teman yang sejati tidak memberikan basa-basi rohani.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)