Biarkan Pencobaan Membuat Anda Semakin Seperti Yesus

Renungan Harian 12 Januari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Yakobus 1: 3-4 “Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.”

Kita tahu akhir cerita ini: Yesus akan datang kembali! Ketika Dia datang untuk yang ke dua kali, Dia akan membenarkan dan menjadi Hakim atas orang yang hidup dan yang mati.
Dan apabila Anda adalah murid-Nya, maka Anda akan bersama dengan Dia di surga kekal.

Mengetahui akhir dari cerita ini seharusnya dapat mengubah segalanya. Salah satunya adalah kebenaran ini harus bisa memotivasi Anda untuk menggunakan kesulitan agar dapat menjadi lebih kuat secara spiritual.

Itulah yang dikatakan oleh Yakobus untuk kita lakukan selagi kita berada di bumi sambil menunggu kedatangan Yesus yang kedua kali: “Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun”
(Yakobus 1: 3-4).

Anda pasti akan menghadapi stres, masalah, kesulitan, dan kekacauan dalam hidup ini. Di antara sekarang dan ketika Anda mati atau ketika Kristus datang kembali, Anda harus menggunakan pencobaan itu untuk memperkuat ketekunan Anda dan menjadi lebih serupa dengan Kristus dalam hal karakter.

Apakah menjadi seperti Kristus terdengar mustahil? Alkitab berkata bahwa Tuhan dapat memampukan itu di dalam kita: “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita”
(1 Tesalonika 5:23).

Apakah Anda utuh— seperti yang dikatakan dalam ayat-ayat ini — atau apakah Anda memiliki kekurangan di sana-sini?
Apakah Anda kuat, atau apakah Anda terombang-ambing? Akhir-akhir ini, kita semua merasa kacau — itu tidak apa-apa. Anda tidak seharusnya sempurna. Anda tidak sempurna, dan Anda tidak akan pernah bisa sempurna ketika Anda berada di bumi. Anda tak bisa ubah itu.

Yang bisa Anda lakukan ialah berusaha untuk menjadi bugar secara rohani dalam mempersiapkan diri untuk kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya.

Sangatlah penting untuk tetap bugar secara fisik dan memelihara kebugaran mental Anda. Namun, Anda tak boleh mengabaikan kebugaran rohani Anda. Anda tidak harus menjadi orang yang terkuat, tercepat, atau tersehat untuk menjadi bugar secara rohani. Anda hanya perlu terus berusaha dan menerima bahwa segala masalah yang Anda hadapi seringkali merupakan kesempatan untuk bertumbuh di dalam iman.

Jika Anda sedang kehilangan pekerjaan, jika Anda sedang sakit, jika Anda sedang merasakan beban prasangka yang berat, berpalinglah pada Firman Tuhan serta janji-Nya. Ketika Anda merasa berantakan, ingatlah bahwa Tuhan terus bekerja untuk membuat Anda semakin seperti Dia, bahkan Dia dapat menggunakan keadaan tersulit dalam hidup Anda sekalipun untuk mewujudkannya.

Renungkan hal ini:
– Pencobaan apa dalam hidup Anda yang Anda pertanyakan kepada Tuhan? Bagaimana pencobaan itu dapat membantu menjadika Anda semakin seperti Yesus?
– Mengapa penting untuk memiliki disiplin dalam pertumbuhan rohani Anda?
– Bagaimana janji Tuhan membantu Anda saat Anda merasa terbebani oleh stres dan kesulitan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 29-30; Matius 9:1-17

Ingatlah bahwa Tuhan membentuk Anda menjadi bejana tanah liat yang mahal lewat goresan tangan-Nya. Mungkin ujian dan cobaan hidup terasa sakit saat ini, namun itulah goresan tangan Tuhan untuk membentuk hidup Anda menjadi ciptaan-Nya yang mulia.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)