Berikan Perhatian Anda

Berikan Perhatian Anda

 

15 Juni 2022

 

Bacaan Hari ini:

Filipi 2:4 “Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”

 

Ketika Anda mengikuti suatu pertemuan, ada berapa banyak orang yang menatap ponsel mereka, mengirim pesan singkat, atau menggulir media sosial mereka? Kepala kita sepertinya selalu menunduk, asyik dengan video atau game, dan earbud yang menempel di telinga kita menghalau kita untuk mendengar orang-orang di sekeliling kita. Sangat mudah untuk duduk di restoran bersama teman-teman, tapi nyatanya kita malah lebih peduli dengan “teman-teman” kita di Facebook atau di Twitter atau Instagram.

 

Anda mungkin sedang berkumpul dengan dua teman, tetapi mungkin jadi Anda lebih fokus pada cuitan Anda di twitter kepada 100 orang pengikut Anda. Kemudian Anda gelisah menunggu berapa banyak orang yang akan me-retweet atau menyukai postingan Anda itu. Ini semua adalah tentang Anda, alih-alih tentang orang-orang yang telah Tuhan tempatkan tepat di hadapan Anda.

 

Kita hidup di dunia di mana gawai dan teknologi kita telah membuat perhatian kita terus menerus terbagi dan membentuk kita untuk tidak lagi memperhatikan orang-orang di dalam hidup kita.

 

Jika Anda ingin memiliki hubungan yang lebih bahagia, Anda harus mempelajari seni memperhatikan orang lain.

 

Alkitab berkata dalam Filipi 2:4, “Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”

 

Tetapi kemampuan memperhatikan orang lain tidaklah keluar secara alami. Jika berdasarkan sifat dasar manusia, kita cenderung untuk tidak peduli atau tertarik dengan urusan orang lain. Kita juga biasanya menginginkan perhatian buat diri sendiri, bukan buat orang lain.

 

Akan tetapi, hadiah terbesar yang bisa Anda beri kepada seseorang ialah perhatian Anda—sebab perhatian Anda adalah waktu Anda, dan waktu Anda adalah hidup Anda. Anda tidak akan pernah mendapatkan waktu Anda kembali, dan itulah mengapa waktu Anda menjadi teramat berharga ketika Anda memberikannya buat orang lain.

 

Ini merupakan alat yang sederhana namun kuat dalam menumbuhkan hubungan yang kuat. Apakah Anda tertarik dengan minat anak-anak Anda? Apakah Anda mendengarkan apa yang dikatakan pasangan Anda? Apakah Anda memberikan perhatian kepada rekan kerja Anda saat mereka mengobrol dengan Anda? Apakah Anda memperhatikan tetangga Anda saat berjalan melewati rumah mereka di pagi hari?

 

Renungkan hal ini:

– Bagaimana media sosial menghalangi Anda dalam mengembangkan hubungan dengan orang-orang yang tinggal dan bekerja bersama Anda?

– Bagaimana Anda menunjukkan kepada orang banyak bahwa Anda benar-benar memperhatikan apa yang mereka katakan atau lakukan?

– Apa satu perubahan yang dapat Anda buat dalam hidup Anda sehingga Anda dapat memberi lebih banyak perhatian kepada orang lain?

 

 

Bacaan Alkitab Setahun :

Nehemia 1-3; Kisah Para Rasul 2:1-21

 

 

Mempelajari seni memperhatikan ialah tindakan kasih. Ini akan mengubah hubungan-hubungan Anda dan membantu Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)