Beri Makan Pikiran Anda dengan Kebenaran

Beri Makan Pikiran Anda dengan Kebenaran

02 Desember 2021

Bacaan Hari ini:
Amsal 15:14 “Hati orang berpengertian mencari pengetahuan, tetapi mulut orang bebal sibuk dengan kebodohan.”

Jika Anda ingin menjadi bijak, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memberi makan diri Anda dengan Firman Tuhan setiap hari.

Amsal 2:6 mengatakan, “Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.”

Anda tidak memperoleh hikmat dari televisi. Anda tidak memperolehnya dari Internet. Anda tidak memperolehnya dari majalah. Hikmat berasal dari Tuhan.

Alkitab berkata, “Hati orang berpengertian mencari pengetahuan, tetapi mulut orang bebal sibuk dengan kebodohan”
(Amsal 15:14).

Anda dapat memberi makan pikiran Anda dengan kebenaran atau dengan sampah.
Apa pun yang Anda isi ke dalam pikiran Anda adalah apa yang akan keluar—sampah masuk, sampah keluar.

Oleh karena itu, bila Anda ingin menjadi bijak, beri makan pikiran Anda dengan asupan kebenaran.

Ada tiga jenis makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam pikiran Anda: racun, junk food, atau makanan kesehatan.

Racun, sederhananya, adalah hal-hal yang meracuni sistem Anda. Sesuatu yang buruk buat Anda. Sesuatu yang membuat Anda jatuh. Pornografi adalah racun. Beberapa orang berkata, “Saya menonton film-film itu, dan saya merasa biasa-biasa saja.” Justru itulah masalahnya! Ketika Anda menonton dan membaca hal-hal yang tidak senonoh, yang menghina Tuhan, yang jahat, yang keji, dan yang kasar dan itu tidak mengusik pikiran Anda, maka Anda sedang memiliki masalah. Anda sudah menjadi orang yang bodoh.

Orang yang bijak melindungi pikiran mereka. Mereka tidak mengizinkan setiap hal masuk ke dalam pikiran mereka. Mereka mencegahnya masuk ke dalam diri mereka.

Makanan sampah (junk food) itu tidak baik, tapi juga tidak buruk. Hanya saja makanan ini tidak memiliki nilai gizi yang baik. Sebagian besar hal yang Anda lihat di TV tidak jahat. Mereka hanyalah junk food. Saya menyebutnya “isian.” Nah, masalah yang muncul adalah ketika Anda mengisi diri Anda dengan isian ini, Anda tidak haus akan kebenaran. Jika Anda menonton TV selama empat jam, pikiran Anda terisi penuh dengan kalori kosong yang tidak memberi manfaat buat tubuh atau pikiran Anda.

Makanan sehat merupakan makanan bergizi. Itu membantu Anda tumbuh dan menjaga kesehatan Anda. Kebenaran merupakan makanan kesehatan bagi pikiran Anda, maka, orang yang bijak makan asupan kebenaran.
Itu membuat Anda lebih bijak—dalam hubungan Anda, waktu Anda, uang Anda, bisnis Anda, cara pengasuhan anak Anda, pernikahan Anda, dan area lain dalam hidup Anda.

Untuk dapat memberi makan pikiran Anda dengan kebenaran, maka tempat pertama yang harus Anda tuju ialah Firman Tuhan.

Renungkan hal ini:
– Jenis junk food apa yang Anda izinkan mengisi pikiran Anda?
– Apa perbedaan yang Anda lihat di hari Anda ketika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton TV dan Internet, ketimbang waktu yang Anda berikan untuk Firman Tuhan?
– Hari ini, langkah praktis apa yang dapat Anda ambil untuk membantu menjadikan waktu teduh Anda sebagai prioritas sehingga Anda dapat mengisi pikiran Anda dengan kebenaran?

Bacaan Alkitab Setahun :
Nahum 1; Yakobus 1-2

Semakin Anda mengembangkan kebiasaan untuk meluangkan waktu setiap hari untuk membaca dan mempelajari Alkitab, semakin Anda menjadi bijak.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)