Beri Makan Pikiran Anda dengan Firman Tuhan

Beri Makan Pikiran Anda dengan Firman Tuhan

14 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Matius 4:4 “Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Jika Anda ingin memiliki pikiran yang sehat, Anda harus memberinya makan dengan kebenaran.

Anda tahu betapa pentingnya nutrisi. Makanan yang baik dan kalori yang baik membuat Anda lebih kuat dan sehat serta memberi Anda lebih banyak energi. Makanan berkalori tinggi dan junk food membahayakan tubuh Anda.
Ini sama dengan kehidupan berpikir Anda. Anda harus memberi makan pikiran Anda bukan dengan sampah atau racun, melainkan dengan kebenaran.

Suatu kali saya mendapat kehormatan untuk mengajar di Oxford University. Selama di sana, saya diundang untuk menghadiri pertemuan Oxford Analytica—satu kelompok yang memiliki pengaruh besar di dunia. Setiap hari sekitar pukul 6 pagi, para cendekiawan ini akan berkumpul untuk mendengarkan laporan dari seluruh dunia tentang apa yang terjadi dalam 24 jam terakhir, mulai dari kenaikan harga bahan baku di China hingga kerusuhan di Timur Tengah. Kemudian mereka akan memutuskan laporan apa yang mereka buat dari informasi tersebut. Pada pukul 11 pagi, sebuah laporan akan diberikan kepada para kelompok elit yang bersedia membeli informasi ini dengan harga tinggi—seperti pemerintah dan perusahaan besar.

Oxford Analytica didirikan atas satu gagasan bahwa pemimpin yang terbaik membuat keputusan terbaik ketika mereka memiliki informasi yang terbaik. Dan, para pemimpin yang baik lebih punya kemungkinan untuk membuat keputusan yang buruk apabila mereka tidak memiliki informasi yang baik.

Untuk menjalani kehidupan yang terbaik—kehidupan yang seturut kehendak Tuhan—Anda juga memerlukan informasi yang terbaik. Dan Anda akan menemukan informasi tersebut di dalam Firman Tuhan.

Alkitab berkata dalam Matius 4:4, “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Renungkan hal ini:
– Apa bagian terpenting dari rutinitas pagi Anda? Di mana Anda memasukkan belajar Firman Tuhan ke dalam rutinitas itu?
– Bagaimana Anda memasukkan belajar dan menghafal Firman Tuhan di hari kerja Anda?
– Apa cara yang bisa Anda gunakan untuk memberi makan pikiran Anda dengan Firman Tuhan bersama dengan keluarga atau teman Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 33-35; Matius 10:1-20

Tuhan ingin Anda membuat keputusan yang terbaik dan mendapatkan yang terbaik buat hidup Anda. Caranya ialah dengan memberi makan pikiran Anda dengan Firman Tuhan sepanjang hari, setiap hari.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)