Bagaimana Tuhan Menggunakan Uang Anda untuk Menguji Anda

Bagaimana Tuhan Menggunakan Uang Anda untuk Menguji Anda

28 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Amsal 14:8 Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya.

Satu cara Tuhan menguji Anda ialah dengan uang. Jika Dia dapat memercayai Anda dengan harta benda, maka Dia dapat memercayai Anda dengan harta di surga.

Ada beberapa hal yang Tuhan uji melalui uang Anda:

1. Uang menunjukkan apa yang paling Anda cintai. Jika Anda benar-benar ingin tahu apa yang penting buat Anda, lihat kalender kegiatan Anda dan laporan mutasi kartu kredit Anda. Bagaimana Anda menghabiskan waktu dan uang Anda memperlihatkan apa yang paling Anda sukai.

Matius 6:19-21 mengatakan, “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di surga; di surga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.” Tempatkan uang Anda di mana pun Anda ingin hati Anda berada, dan Anda akan tertarik pada apa pun itu.

2. Uang menunjukkan apa yang paling Anda percayai. Apakah Anda memercayakan rasa aman Anda pada uang, atau pada Tuhan? Apakah Anda memercayakan kebahagiaan Anda kepada diri Anda sendiri, atau kepada Tuhan? Apakah Anda memercayakan uang Anda untuk membuat Anda merasa baik tentang diri Anda sendiri, atau apakah kepada Tuhan? Uang adalah batu ujian bagi iman Anda.

Alkitab berkata dalam Amsal 11:28, “Siapa memercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda.”

3. Uang menunjukkan jika Tuhan dapat memercayai Anda. Uang bukan hanya menunjukkan jika Anda percaya pada Tuhan; itu juga menunjukkan jika Tuhan bisa percaya pada Anda. Lukas 16:10-12 mengatakan, “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan memercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?”

Setelah Anda memahami kaitan langsung antara pengelolaan uang dengan berkat Tuhan, mintalah Tuhan membantu Anda mengatur keuangan Anda agar Dia dapat memercayakan Anda dengan harta di surga.

Renungkan hal ini:
– Menurut Anda apa keinginan hati Anda? Apakah cara Anda menghabiskan uang Anda sejalan dengan jawaban Anda itu?
– Seandainya Anda kehilangan pekerjaan Anda hari ini, apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana Anda percaya—atau tidak percaya—bahwa Tuhan menyediakan apa yang Anda butuhkan?
– Bagaimana cara Anda mengelola harta benda dari Tuhan menunjukkan kedalaman rasa percaya Anda pada-Nya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 19-20; Matius 18:21-35

Bagaimana Anda mengelola uang Anda memengaruhi seberapa banyak Tuhan memberkati hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)