Apa yang Anda Lakukan dengan Mimpi Anda?

Apa yang Anda Lakukan dengan Mimpi Anda?

06 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Efesus 5:15-16 “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”

Setiap orang punya mimpi. Mungkin Anda sudah memilikinya sejak kecil, atau mungkin juga itu baru muncul akhir-akhir ini. Keinginan, cita-cita, dan ambisi merupakan bagian dari kehidupan setiap orang. Jadi, pertanyaannya bukanlah apakah Anda punya mimpi, melainkan: Apa yang Anda lakukan dengan mimpi Anda?
Memang kebanyakan mimpi tidak pernah jadi kenyataan, tapi itu bukan karena Anda tidak cukup pintar, tidak cukup ramah, atau tidak cukup iman. Biasanya, itu karena Anda tidak mau mengambil risiko.*

Alkitab mencatat satu kisah menyedihkan tentang seorang raja yang gagal mencapai ambisi penting dalam hidupnya: “Yosafat membuat kapal-kapal Tarsis untuk pergi ke Ofir mengambil emas, tetapi kapal-kapal itu tidak jadi pergi ke sana, sebab kapal-kapal itu pecah di Ezion-Geber”
(1 Raja-raja 22:48).

Adalah sebuah tragedi jika kapal Anda tidak pulang dengan selamat, tetapi yang lebih tragis lagi ketika Anda sudah membangun kapal Anda sendiri tapi itu tidak pernah bisa berlayar. Bayangkan energi dan biaya yang telah dikeluarkan oleh Raja Yosafat. Dia telah membangun armada kapal untuk mengambil emas, tapi kenyataannya tidak satu pun dari kapal tersebut bisa berlayar. Bahkan seluruh armada kapal ini belum keluar dari pelabuhan! Rupanya badai menghantam ketika kapal-kapal ini masih berada di pelabuhan; kapal-kapal ini menabrak batu-batu dan kemudian hancur.

Beberapa orang menghabiskan seluruh hidup mereka menunggu impiannya jadi kenyataan. Tetapi Tuhan tidak berharap demikian; Dia menunggu Anda untuk pergi berusaha mewujudkannya. Saya kenal seorang laki-lali yang selama 30 tahun bermimpi untuk memulai sebuah ministry. Dia selalu membicarakannya, memimpikannya, dan merencanakannya. Dia menghabiskan begitu banyak waktu buat mimpinya itu, tapi dia tidak pernah berani mengambil risiko untuk melakukan lebih dari itu. Dia tidak pernah mengeluarkan kapalnya dari pelabuhan. Akhirnya, pria itu meninggal—begitu pula dengan mimpinya.
Alkitab punya satu penangkal bagi orang-orang yang suka menunda-nunda impian. Mungkin ini terdengar mudah tapi memang ini kadang sulit untuk diterapkan: Lakukan saja! Alkitab berkata, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat”
(Efesus 5:15-16).

Hidup dengan mimpi yang tidak terwujud adalah sebuah tragedi. Kapal tidak dibuat untuk bersandar di pelabuhan. Mereka dibuat untuk berlayar.

Apakah Anda siap untuk berlayar?

Renungkan hal ini:
– Apa satu mimpi yang yang selama ini sudah Anda rencanakan tetapi tidak pernah berusaha Anda kejar?
– Apa bekal yang masih Anda perlukan untuk mewujudkan impian Anda tersebut? Apa bekal yang sudah tersedia lewat tangan Tuhan?
– Peluang apa yang Anda perlukan untuk bisa memanfaatkan hari ini sebaik-baiknya?

Bacaan Alkitab Setahun :
I Raja – raja 21 – 22 ; Lukas 23 : 26 – 56

Firman Tuhan dalam Alkitab mendesak Anda untuk memanfaatkan setiap momen dan mengambil tindakan sekarang juga.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)