Apa Maksud dari Pergumulan Saya?

Apa Maksud dari Pergumulan Saya?

30 April 2022

Bacaan Hari ini:
Amsal 20:30 “Bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan, dan pukulan membersihkan lubuk hati.”

Pikirkan satu konflik atau masalah terbesar yang tengah Anda hadapi saat ini.

Apa pun masalah Anda, pada akhirnya Anda dihadapkan pada dua pertanyaan. Pertama, apakah Anda akan menaati Tuhan dan melakukan yang benar dalam situasi ini? Dan, kedua, maukah Anda memercayakan Tuhan untuk menangani situasi ini?

Akar dari begitu banyak persoalan ialah pergulatan Anda dengan Tuhan. Anda ingin memegang kendali, Anda seolah ingin menjadi Tuhan, Anda ingin menjadi tuan dari iman Anda, Anda ingin berkuasa, Anda ingin bertindak sesuai kehendak Anda. Akan tetapi, Anda tidak diciptakan utnuk menjadi atau melakukan hal-hal tersebut. Oleh sebab itulah, Tuhan menggunakan pergumulan dalam hidup Anda untuk memaksa Anda untuk menaati dan menyerahkan pergumulan Anda kepada-Nya.

Pernahkah Anda merasa bahwa menghadapi masalah itu ibarat bertanding dalam pertandingan gulat? Tujuan dari gulat ialah untuk menjepit lawan di atas matras sampai mereka akhirnya berkata, “Saya menyerah. Saya menyerah! Kau menang.”

Itulah yang Tuhan lakukan dalam pertandingan gulatnya dengan Yakub di dalam Perjanjian Lama. Maksud Tuhan ialah untuk menjepit Yakub hingga dia menyerah dan melepaskan kendalinya.

Pada satu titik dalam pertandingan gulat mereka, Tuhan melukai pinggul Yakub, di mana cedera itu kemudian membuatnya pincang. Yakub tiba-tiba dalam posisi tidak berdaya dan dalam situasi di mana dia tidak akan bisa menang.

Bahkan di tengah situasi yang mustahil sekali pun, Tuhan ada di sana buat Anda. Bahkan, sering kali Dia menggunakan masa-masa genting untuk mendapatkan perhatian Anda. Tuhan berbisik pada Anda di dalam kesenangan Anda dan berteriak dalam kesakitan Anda.

Alkitab berkata, “Bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan, dan pukulan membersihkan lubuk hati”
(Amsal 20:30).

Dengan kata lain, Anda tidak berubah ketika Anda melihat cahaya; Anda berubah ketika Anda merasakan panas.

Tuhan mengasihi Anda apa adanya, tapi karena Dia begitu mengasihi Anda, maka Dia tidak akan membiarkan Anda tetap seperti itu. Ketika Tuhan membuat Anda menjalani pergulatan masalah, Dia sesungguhnya sedang membuat Anda menjadi siapa Anda seharusnya—menjadi semakin seperti Yesus Kristus.

Dia membuat Anda lemah agar Anda belajar untuk bergantung pada-Nya akan semua hal.

Bila saat ini Anda tengah bergulat dengan Tuhan, berserahlah kepada-Nya. Di situlah letak satu-satunya jalan menuju pertumbuhan spiritual dan damai sejahtera.

Renungkan hal ini:
– Mengapa Tuhan ingin Anda bergantung pada-Nya, bukan pada diri Anda sendiri?
– Dalam keadaan Anda saat ini, seperti apa cara Anda berserah kepada Tuhan?
– Dalam pengalaman menyakitkan apa Tuhan mencoba menarik perhatian Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
I Raja – raja 8-9 ; Lukas 21 : 1-19

Anda tidak akan berubah sampai rasa sakit Anda menjadi lebih besar daripada ketakutan Anda akan perubahan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)