Apa Artinya Diselamatkan

Apa Artinya Diselamatkan

05 April 2022

Bacaan Hari ini:
2 Korintus 5:17-18 “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah memercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.”

Hanya oleh karena kasih karunia Allah yang besar, maka Yesus datang “untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang”
(Lukas 19:10).
*Dia menunjukkan betapa berartinya Anda bagi Dia dengan mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk mati di kayu salib demi menebus dosa-dosa Anda.* Itulah jenis kasih yang Allah berikan pada Anda.

Anda mungkin sering mendengar orang berkata, “Saya diselamatkan.” Anda sendiri mungkin berkata demikian ketika berbicara tentang hubungan Anda dengan Yesus. *Tetapi apa artinya sebenarnya diselamatkan?* Apa yang terjadi ketika Anda menerima anugerah keselamatan dari Allah?
*Keselamatan menyelamatkan Anda dari diri Anda sendiri. Banyak orang tidak merasa “diselamatkan” dari apa pun. Saya biasanya bertanya kepada mereka, “Benarkah? Anda tidak punya rasa sakit dalam hidup Anda? Anda tidak punya dendam, tekanan, rasa bersalah, atau kecemasan?” Semua orang memiliki masalah yang tak dapat mereka selesaikan sendiri. Setiap orang butuh diselamatkan. Setiap orang butuh Yesus.*

Alkitab berkata, “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku”
(Mazmur 50:15).

*Keselamatan memulihkan apa yang terhilang dari Anda.* Apa yang ingin Anda miliki kembali? Mungkin Anda telah kehilangan kepercayaan diri, sukacita Anda, reputasi Anda, impian Anda, atau masa kecil Anda. Yesus datang untuk memulihkan apa yang telah hilang dari Anda.

Jika Anda terbiasa bertani, Anda mungkin tahu betapa parahnya kerusakan yang disebabkan oleh kawanan belalang. Mereka bisa memusnahkan satu ladang jagung hanya dalam sekitar dua jam.

Apa yang selama ini menggerogoti hidup Anda? Apa yang telah menghancurkan profitabilitas, rencana, atau hubungan Anda? *Hanya Tuhan yang dapat memulihkan semuanya.*
Yoel 2:25 mengatakan, “Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.”

*Keselamatan menghubungkan Anda kembali dengan Allah.* Ketika Anda menyerahkan hidup Anda pada Allah, maka *Yesus mendamaikan Anda dengan Allah Bapa. Dia meruntuhkan semua penghalang yang pernah memisahkan Anda dari Pencipta Anda. Ada kata untuk itu: rekonsiliasi.*

Alkitab berkata, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami”
(2 Korintus 5:17-18).

Renungkan hal ini:
– Apakah Anda sedang bergumul untuk mengakui bahwa Anda membutuhkan penyelamatan dari Allah? Bagaimana Anda kadang mencoba untuk menyelamatkan diri sendiri?

– Apa yang sudah hilang dalam hidup Anda? Luangkan waktu untuk bersyukur kepada Allah karena telah menjadi Tuhan yang memulihkan, dan kemudian mintalah Dia untuk memulihkan “apa yang telah terhilang dari Anda selama bertahun-tahun akibat dari sekawanan belalang yang memakan hasil panen Anda.”
– Jika Anda sudah menjadi orang Kristen, bagaimana keselamatan Anda menghubungkan kembali diri Anda dengan Allah? Bila Anda belum memutuskan untuk ikut Yesus, dalam area apa dalam hidup Anda di mana Anda rasa memerlukan hubungan kembali dengan Allah?

Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 1-3; Lukas 8:26-56

*Didamaikan dengan Allah juga berarti Anda akan hidup bersama dengan-Nya selamanya. Anda akan memiliki rumah di surga untuk selama-lamanya! Itulah mengapa mempersiapkan diri untuk kehidupan berikutnya ialah hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam hidup ini.*
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)