Anda Tak Perlu Melupakan

Anda Tak Perlu Melupakan

27 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 8:28 “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Anda pasti sering mendengar ungkapan: “Maafkan dan lupakan.” Tapi sebenarnya ada masalah serius dengan ungkapan ini: Anda tidak dapat melakukannya. Itu mustahil!

Anda tak dapat sepenuhnya melupakan luka dalam hidup Anda. Bahkan tidak ada alasan untuk mencobanya. Ketika Anda mencoba untuk melupakan, sebenarnya Anda hanya fokus pada hal yang ingin Anda lupakan.

Melupakan bukanlah yang Tuhan mau Anda lakukan. Sebaliknya, Dia ingin Anda percaya pada-Nya dan melihat bagaimana Dia dapat mendatangkan kebaikan dari rasa sakit itu. Itu lebih penting daripada melupakan, sebab itu memungkinkan Anda untuk berterima kasih kepada Tuhan atas kebaikan yang akhirnya Dia munculkan dari situasi itu.

Anda tidak dapat berterima kasih kepada Tuhan untuk hal-hal yang Anda lupakan.

Roma 8:28 mengatakan, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Alkitab tidak mengatakan bahwa segala sesuatunya itu baik—sebab segalanya di dunia ini telah rusak. Sakit penyakit tidak baik. Perceraian tidak baik. Perang tidak baik. ketergantungan tidak baik. Banyak hal dalam hidup ini yang jahat. Tak semua yang terjadi di dunia adalah atas kehendak Allah.

Namun Tuhan berkata bahwa Dia akan turut bekerja dalam hal-hal buruk dalam hidup Anda apabila Anda percaya kepada-Nya. Ketika Anda datang ke hadirat-Nya dan berkata, “Tuhan, aku hendak memberi Engkau seluruh hidupku,” maka Dia akan mengganti rasa sakit Anda dengan damai sejahtera. Dia memberikan kedamaian di hati Anda yang datangnya dari mengetahui bahwa—bahkan jika Anda tidak memahami rasa sakit dalam hidup Anda sekali pun— Anda masih bisa mengampuni sebab Anda tahu bahwa Tuhan akan menggunakan rasa sakit Anda itu untuk kebaikan.

Renungkan hal ini:
– Siapa saja yang belum Anda maafkan karena selama ini Anda berusaha melupakan luka yang mereka sebabkan?
– Karena melupakan itu sesuatu yang tak mungkin, apa yang bisa Anda lakukan hari ini untuk memaafkan orang-orang tersebut?
– Bagaimana selama ini Anda telah melihat Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan dari keadaan yang menyakitkan?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 1 – 3 ; Yohanes 10 : 1 – 23

Ingatlah: Anda tidak harus melupakan pelanggaran yang pernah dilakukan seseorang kepada Anda. Sebaliknya, andalkan Tuhan untuk membantu Anda mengampuni, kemudian lihat bagaimana Dia akan mendatangkan kebaikan dari rasa sakit Anda tersebut.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)