Anda Layak Melayani Allah

Anda Layak Melayani Allah

20 Maret 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 6:13 “Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.”

Tidak ada sukacita yang lebih besar selain dipakai oleh Tuhan untuk melakukan misi yang lebih besar dari diri Anda sendiri. Tak ada yang menandingi perasaan saat Anda menyadari, “Ini dia! Ini alasan saya hidup. Saya mengerti sekarang.”

Jika Anda tak pernah merasakannya, berarti Anda sedang melewatkan sesuatu. Tujuan hidup ini bukanlah untuk sekolah, mendapat pekerjaan, menghasilkan uang, dan pensiun sebelum Anda meninggal. Hidup Anda jauh lebih penting daripada karir Anda. Anda diciptakan untuk tujuan yang kekal.

Alkitab berkata, “Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran”
(Roma 6:13).

Namun yang jadi masalah adalah, banyak orang sebenarnya takut jika Tuhan tidak akan pernah bisa memakai hidup mereka. Beberapa orang merasa tidak layak oleh karena dosa dan kesalahan masa lalu mereka. Sementara yang lainnya merasa tidak memenuhi syarat karena merasa tidak memiliki pendidikan, bakat, atau latar belakang yang tepat.

Mungkin Anda sedang merasakan salah satu dari dua perasaan itu—merasa tidak layak atau merasa tidak mampu. Tapi lihatlah kehidupan Rasul Paulus, bagaimana Tuhan menggunakan dia untuk melakukan perkara-perkara yang di luar nalar kita. Tuhan pun ingin melakukannya pada Anda.

Tak seorang pun dalam sejarah yang dipakai oleh Allah sebegitu luar biasa, selain Paulus. Paulus hampir bisa dibilang seorang diri dalam menyebarkan Kekristenan ke seluruh Kekaisaran Romawi. Dia merintis gereja-gereja di mana-mana. Dia menulis sekitar setengah isi Perjanjian Baru. Dia hidup untuk menyenangkan Allah.

Tapi tahukah Anda apa yang Paulus lakukan sebelum ia menjadi pengkhotbah, pendeta, dan pendiri gereja-gereja?
Dia adalah seorang tentara anti-Kristen. Dia datang dari desa ke desa menganiaya orang-orang Kristen, memasukkan mereka ke dalam penjara. Paulus adalah kebalikan dari orang-orang yang menurut Anda akan dipakai Tuhan.

Paulus menulis, “Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi: tanpa batas aku menganiaya jemaat Allah dan berusaha membinasakannya. Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya, berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi”
(Galatia 1:13, 15-16).

Masa lalu adalah masa lalu. Itu tidak mendiskualifikasi Anda untuk digunakan oleh Tuhan. Masa lalu Anda tidak menyebabkan Anda tidak memenuhi syarat. Tuhan telah memilih Anda dan memanggil Anda, dan Dia ingin menggunakan Anda hari ini hanya oleh karena “kasih karunia-Nya yang luar biasa.”

Renungkan hal ini:
– Apa dosa atau kesalahan di masa lalu Anda yang membuat Anda merasa tidak layak untuk dipakai Tuhan? Apa aspek dari diri Anda atau dosa apa yang membuat Anda merasa tidak layak?
– Siapa dalam hidup Anda yang seperti Paulus—seseorang yang membuat banyak kesalahan tetapi akhirnya dipakai Tuhan dengan cara yang luar biasa? Bagaimana kisah orang itu bisa memotivasi Anda?
– Jelaskan satu waktu di mana Anda tahu bahwa Tuhan sedang menggunakan Anda untuk satu misi yang lebih besar dari kekuatan Anda sendiri. Bagaimana hidup Anda pada saat itu? Saat ini, bagaimana caranya agar Anda siap digunakan oleh Tuhan dengan cara yang serupa?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 4-6; Lukas 1:1-20

Masa lalu Anda bukan penghalang masa depan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)