Anda Hanya dapat Mengatur Apa yang Anda Ukur

Anda Hanya dapat Mengatur Apa yang Anda Ukur

14 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 12:3 “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.”

Hambatan pertama dan yang terberat untuk bisa berubah di setiap area kehidupan Anda ialah keangkuhan. Keangkuhan menghalangi Anda untuk jujur akan area dalam hidup Anda yang perlu Anda ubah.

Tapi, nyatanya, kita semua memang harus berubah. Tidak ada seorang pun yang sempurna secara fisik maupun jiwa. Saya tidak sempurna. Anda tidak sempurna. Begitu pula orang yang paling Anda kagumi di dunia.

Alkitab mengatakan bahwa tidak ada yang sempurna di Bumi ini, kecuali Firman Allah. Segala sesuatu di planet ini telah rusak oleh karena dosa. Tetapi kita semua malah pergi ke sana kemari mencoba membuat orang lain terkesan. Kita berpura-pura sempurna.

Jika Anda ingin mengalami perubahan yang kekal dalam hidup Anda, pertama-tama Anda harus dengan rendah hati menilai keadaan Anda saat ini—termasuk mengakui bahwa Anda tidak sempurna. Anda harus mengesampingkan harga diri Anda dan mengakui bahwa Anda punya masalah dengan finansial Anda, kesehatan Anda, atau hal apa pun yang sedang Anda pergumulkan dalam hidup Anda.

Roma 12:3 mengatakan, “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.”

Namun, terkadang Anda tidak bisa melihat diri sendiri secara akurat jika tanpa bantuan orang lain. Apakah Anda berani untuk meminta orang lain untuk mengatakan yang jujur tentang Anda? Apakah Anda bersedia bertanya kepada orang-orang terdekat Anda, “Apa yang harus aku ubah dari diriku?”

Mengapa begitu penting untuk melihat diri sendiri secara akurat? Sebab Anda hanya dapat mengelola apa yang Anda nilai sendiri.

Jika Anda tidak tahu ukuran iman Anda, maka Anda tidak dapat bertumbuh dalam iman. Jika Anda tidak tahu ukuran kesehatan Anda, maka Anda tidak dapat berkembang dan bertumbuh dalam kesehatan. Jika Anda tidak tahu di mana Anda berada secara finansial, maka Anda tidak dapat menetapkan tujuan finansial. Jika Anda tidak tahu di mana Anda berada secara spiritual atau dalam hubungan, maka Anda tidak dapat bertumbuh di area tersebut. Anda hanya dapat mengatur apa yang Anda ukur.

Renungkan hal ini:
– Siapakah orang-orang dalam hidup Anda di mana kepada mereka Anda dapat berbagi secara terbuka dan jujur?
– Apa area dalam hidup Anda yang perlu Anda evaluasi sehingga Anda dapat menetapkan tujuan yang realistis untuk sebuah perubahan?
– Apa saja cara agar Anda dapat memantau pertumbuhan dan kemajuan Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja – raja 19 – 21 ; Yohanes 4 : 1 – 30

Apakah Anda siap untuk perubahan hidup yang nyata? Pertama-tama, singkirkan keangkuhan Anda, lalu temukan nilai yang akurat tentang di mana Anda berada hari ini. Hanya dengan begitu, Anda akan dapat melihat area di mana Anda perlu bertumbuh.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)