Anda Dipanggil untuk Melayani Orang Lain

Anda Dipanggil untuk Melayani Orang Lain

13 September 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 14:12 “Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.”

Di akhir hidup Anda di Bumi, Anda akan berdiri di hadapan Allah dan Dia akan mengevaluasi seberapa baik Anda telah melayani orang lain lewat hidup Anda. Alkitab berkata, “Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah”
(Roma 14:12).

Pikirkan maksudnya. Suatu hari Allah akan membandingkan berapa banyak waktu dan tenaga yang telah Anda habiskan buat diri Anda sendiri dibandingkan dengan yang Anda gunakan untuk melayani orang lain.

Pada saat itu, semua alasan yang Anda pakai untuk membenarkan keegoisan Anda akan terdengar hampa: “Saya terlalu sibuk” atau “Saya punya mimpi saya sendiri” atau “Saya terlalu asyik bekerja, bersenang-senang, dan mempersiapkan diri saya untuk masa pensiun.”

Allah akan merespons alasan-alasan tersebut kira-kira seperti ini: “Maaf, jawabanmu salah. Aku menciptakan, menyelamatkan, dan memanggil engkau. Aku juga memerintahkanmu untuk menjalani hidup yang melayani. Bagian mana yang tidak engkau mengerti?”

Alkitab memperingatkan orang yang tak percaya, “Tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman”
(Roma 2:8).

*Orang Kristen yang hidup buat dirinya sendiri akan kehilangan upah yang kekal di surga.*

Alkitab mengatakan bahwa *Anda hanya akan sepenuhnya hidup ketika Anda membantu orang lain*. Yesus menjelaskannya seperti ini: “Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya”
(Markus 8:35).

Dia mengulang kebenaran Firman yang sama sebanyak dua kali dalam kitab Matius, dan dua kali dalam kitab Lukas:
– “Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya”
(Matius 10:39).
– “Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya”
(Matius 16:25).
– “Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya”
(Lukas 9:24).
– Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya”
(Lukas 17:33).

Apakah Anda paham maksudnya? *Kebenaran Firman ini sangatlah penting sehingga diulang lima kali di dalam Injil.*

Singkat kata, jika saat ini Anda tidak melayani, berarti Anda hanya memenuhi dunia ini—karena *kehidupan ini diciptakan untuk sebuah pelayanan.*

Renungkan hal ini:
– Ketika Anda melayani orang lain, bagaimana pelayanan itu memengaruhi Anda?
– Menurut Anda mengapa Allah ingin Anda belajar untuk mengasihi dan melayani orang lain? Bagaimana karakter Allah berkaitan dengan pelayanan?
– Pelayanan apa yang telah Tuhan perintahkan kepada Anda yang selama ini Anda tunda? Bagaimana Anda dapat mulai melayani dengan cara tersebut?

Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 16-18; II Korintus 7

*Apa yang Allah harapkan dari Anda? Dia ingin Anda belajar mengasihi dan melayani orang lain tanpa pamrih.*
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)