Anda Dibentuk untuk Melayani Tuhan

Anda Dibentuk untuk Melayani Tuhan

18 September 2022

Bacaan Hari ini:
Efesus 2:10 “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Tidak ada dua orang yang sama. Anda unik dalam segala hal. Anda memiliki suara, warna mata, dan sidik jari yang unik. Bahkan detak jantung Anda pun unik.

Tuhan tidak mengkloning Anda atau apa pun. Tidak ada seorang pun sepanjang sejarah, dan di masa depan, yang seperti Anda. Tuhan secara unik membentuk Anda untuk menggenapi sebuah tujuan unik di planet Bumi, yaitu untuk memberi sebuah kontribusi yang unik. Jika Anda adalah pembaca setia Daily Hope, Anda mungkin pernah membaca SHAPE (bentuk), akronim yang saya pakai untuk menggambarkan cara unik Tuhan membentuk Anda untuk melayani Dia.

Inilah yang membentuk SHAPE Anda:
– Karunia Roh (Spiritual gifts): Ketika Anda menjadi seorang Kristen, Allah memberi Anda kemampuan khusus supaya Anda dapat melayani orang lain dengan lebih baik.
– Hati (Heart): Beberapa orang ada yang ekstrovert dan introvert. Anda memiliki hasrat—hal-hal yang Anda suka kerjakan.
– Kemampuan (Ability): Sejak lahir, Tuhan telah memberi Anda kemampuan alami—dalam hal jasmani, seni, hingga akuntansi.
– Kepribadian (Personality): Beberapa orang terlahir ekstrovert; yang lainnya introvert. Beberapa orang suka merencanakan segalanya; yang lainnya bekerja paling baik di menit- menit terakhir.
– Pengalaman (Experience): Tuhan menggunakan pengalaman Anda—keluarga, pendidikan, pekerjaan, perasaan, dan banyak lagi—untuk memampukan Anda membantu orang lain.

Tidak ada dua orang yang memiliki BENTUK yang sama persis. Tuhan telah menciptakan Anda unik, dan Dia punya cara unik yang ingin Anda lakukan untuk melayani orang lain.

Paulus menulis dalam Efesus 2:10, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Anda akan menghabiskan seluruh kekekalan surga untuk melayani Allah di surga. Tuhan ingin Anda berlatih dengan melayani orang lain di Bumi melalui perbuatan baik Anda. Alkitab menyebut pekerjaan baik ini sebagai pelayanan.

Allah memanggil setiap orang Kristen untuk terlibat dalam pelayanan—bukan hanya pendeta dan para misionaris. Anda dapat menggunakan apa pun yang Anda kuasai serta segala cara unik yang telah Tuhan berikan kepada Anda—untuk melayani orang lain.

Renungkan hal ini:
– Ketika Anda menyadari bahwa Anda dirancang secara unik oleh Tuhan, bagaimana hal ini mengubah perspektif diri Anda ketika Anda dirancang secara unik oleh Tuhan?
– Bagaimana Anda pernah menggunakan SHAPE unik Anda untuk membantu orang lain?
– Apa saja cara di mana Anda telah melihat orang lain menggunakan SHAPE mereka untuk melayani Tuhan serta orang lain?

Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 30-31; II Korintus 12

Tuhan menciptakan kita unik dengan tugas khusus yang hanya bisa kita lakukan sesuai dengan talenta yang Tuhan berikan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)