Anda adalah Pengelola, Bukan Pemilik

Anda adalah Pengelola, Bukan Pemilik
 
09 Juli 2022
 
Bacaan Hari ini:
Matius 25:14-15 “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan memercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.”
 
Yesus berkata dalam Matius 25:14-15, “Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan memercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.”
 
Alih-alih menggunakan bank, ketika orang kaya ini hendak pergi melakukan perjalanan jauh, ia menitipkan hartanya kepada hamba-hambanya. Ketika dia kembali, dia meminta catatan masing-masing hambanya itu untuk melaporkan bagaimana mereka mengelola harta miliknya.
 
Yang dicari oleh orang kaya ini adalah pengelolaan mereka. Kata “kepengelolaan” berhubungan dengan kata dalam Bahasa Inggris Kuno untuk “manajer.” Kepengelolaan Anda—manajemen Anda—ialah kunci kemerdekaan finansial Anda. Hukum pertama dari kemerdekaan finansial adalah konsep kepemilikan menurut Tuhan: Segala sesuatu yang Anda miliki adalah milik Tuhan. Anda hanyalah seorang manajer!
 
Anda dipanggil untuk menjadi manajer dari waktu Anda. 
Anda dipanggil untuk menjadi manajer dari pengaruh Anda. 
Anda dipanggil untuk menjadi manajer dari kesehatan Anda, hubungan Anda, dan peluang-peluang Anda. Tuhan memanggil Anda untuk menjadi manajer dari semua yang Anda miliki.
 
Anda mungkin berkata, “Tunggu dulu! Saya bekerja untuk mempunyai uang, tapi sekarang Anda berkata itu bukan milik saya?” 
Menurut Anda dari mana Anda mendapatkan tubuh untuk bekerja mencari uang? Dari mana Anda mempunyai pikiran untuk bisa bekerja? Dari mana Anda mendapatkan energi untuk bekerja? Dari mana Anda mendapatkan kecerdasan untuk bekerja? Segala sesuatu yang Anda miliki asalnya dari Tuhan.
 
Sesungguhnya Anda tidak punya apa pun dalam hidup ini; semua itu hanyalah pinjaman. Anda hanya bisa menggunakan uang Tuhan saat Anda berada di Bumi. Dia meminjamkannya kepada Anda selama beberapa dekade. Dia meminjamkannya kepada seseorang sebelum Anda, dan Dia akan meminjamkannya kepada orang lain setelah Anda meninggal. Anda tidak memilikinya; Sang Tuan adalah pemilik segalanya. Anda hanyalah pengelolanya.
 
Tahukah Anda apa tandanya ketika Anda telah lupa dengan konsep kepemilikan Tuhan? Ketika Anda berpikir bahwa uang Anda adalah milik Anda dan Anda mengkhawatirkannya. Anda merasakan tekanan dan stres yang tidak seharusnya Anda rasakan.
 
Pengelolaan uang adalah disiplin rohani. Tuhan sedang mengawasi bagaimana Anda mengelola uang-Nya untuk melihat kekayaan rohani apa yang bisa Ia percayakan kepada Anda di surga kelak. Ini mungkin akan membuat Anda merasa tertekan, tetapi sebenarnya ada kemerdekaan dalam konsep kepemilikan ini.
 
Renungkan hal ini:
– Apabila Anda adalah seorang manajer perusahaan, apakah Anda akan mengalami tekanan yang sama besarnya dengan si pemilik? Apakah Anda tetap ingin agar bisnis itu sesukses ketika dikelola oleh pemiliknya? Mengapa atau mengapa tidak?
– Bagaimana Anda mempelajari disiplin rohani, seperti pengelolaan uang?
– Apa peran doa dalam keputusan keuangan Anda? Mengapa doa itu penting dalam manajemen uang?
 
 
Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 38-40; Kisah Para Rasul 16:1-18
 
 
Ketika Anda ingat bahwa Tuhan adalah Pemiliknya dan Anda adalah manajernya, maka Anda tidak akan jadi terlalu khawatir, dan menjadi lebih fokus dalam mengelola uang Tuhan dengan baik.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)