Anda adalah Milik Keluarga Allah

Anda adalah Milik Keluarga Allah

16 Februari 2022

Bacaan Hari ini:
1 Korintus 12:12 “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.”

Baptisan dan persekutuan adalah tanda-tanda yang nampak dari adanya persatuan di dalam gereja.

Keduanya merupakan simbol dari penyatuan Anda ke dalam tubuh Kristus. Itu menggambarkan bahwa Anda adalah milik Kristus, dan bahwa Anda juga milik semua orang yang ada dalam keluarga Allah.

Alkitab berbicara soal pentingnya persekutuan dalam 1 Korintus 10:16-17: Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus? Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.”

Baptisan juga merupakan sebuah tanda bahwa Anda sungguh-sungguh ingin menjaga kesatuan keluarga gereja di tempat Anda beribadah: “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus”
(1 Korintus 12:12).

Tubuh fisik Anda terdiri dari banyak organ, tetapi setiap bagiannya telah dirancang untuk saling bekerja sama dalam sebuah kesatuan. Itu sama seperti gereja. Coba perhatikan gereja mana pun, pastinya terlihat jelas bahwa setiap orang yang ada di dalamnya berbeda.

Tetapi gereja membentuk satu tubuh yang diciptakan untuk bekerja di dalam kesatuan untuk menggenapi tujuan Tuhan di bumi.

Apa pun perbedaan yang Anda miliki, baik itu latar belakang budaya, ras, agama, atau kebangsaan, itu tidak jadi masalah. Setiap orang percaya telah dibaptis ke dalam tubuh Kristus oleh Roh yang sama, dan itulah yang memungkinkan gereja untuk bersatu.

Anda dipersatukan dengan setiap orang Kristen lainnya, terlepas dari segala perbedaan yang ada. Itu artinya Anda punya lebih banyak kesamaan dengan seseorang yang sama sekali berbeda dengan Anda tapi sebagai pengikut Yesus, ketimbang dengan seseorang dalam keluarga Anda tapi tidak percaya pada Yesus.

Sudahkah Anda mencoba untuk mengesampingkan perbedaan yang tidak terlalu penting di gereja dan sebaliknya fokus pada kesamaan Anda di dalam Kristus? Allah dapat melakukan pekerjaan yang luar biasa lewat Anda dan melalui gereja yang bersatu yang berfokus pada Firman Tuhan.

Renungkan hal ini:
– Peran apa yang Anda percaya telah Tuhan berikan untuk Anda jalankan dalam pekerjaan gereja-Nya?
– Orang-orang percaya di seluruh dunia adalah saudara dan saudari Anda di dalam Kristus. Bagaimana pemahaman itu mengubah doa Anda akan seluruh gereja di dunia?
– Bagaimana gereja Anda perlu berfokus kembali pada kesamaan yang ada di dalam Injil daripada fokus pada perbedaan yang ada? Bagaimana Anda dapat mewujudkannya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 19-20; Matius 27:51-66

Anda mungkin punya kesamaan fisik atau budaya dengan orang-orang di sekitar Anda, tetapi kesamaan yang terpenting adalah dengan saudara dan saudari Anda di dalam Kristus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)