Ada Konsekuensi dari Ketidaktaatan

Renungan Harian 15 Januari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Mazmur 106: 14-15 “Mereka dirangsang nafsu di padang gurun, dan mencobai Allah di padang belantara. Diberikan-Nya kepada mereka apa yang mereka minta, dan didatangkan-Nya penyakit paru-paru di antara mereka.”

Tuhan telah memberi Anda segala aturan yang Anda perlukan untuk hidup. Alkitab merupakan pedoman hidup!
Di dalamnya Anda menemukan segala hukum yang Tuhan tetapkan untuk menjalani kehidupan yang bersukacita, sehat, dan kudus.

Apabila Anda mengikuti rencana Allah, segalanya berjalan dengan baik. Tetapi setiap kali Anda melupakan Dia dan mengabaikan pedoman-Nya, segala sesuatunya mulai berantakan– secara fisik, emosional, finansial, hubungan, dan dalam segala hal.

Anda melukai diri sendiri — dan orang lain — ketika meragukan kebaikan Tuhan dan tidak taat pada perintah-Nya.

Ini telah terjadi berulang kali di dalam Alkitab. Setiap kali seseorang atau sekelompok orang melupakan Tuhan dan berpaling dari-Nya, mereka menghadapi masalah besar.

Mazmur 106 memberi tahu kita sebuah skenario: “Mereka dirangsang nafsu di padang gurun, dan mencobai Allah di padang belantara. Diberikan-Nya kepada mereka apa yang mereka minta, dan didatangkan-Nya penyakit paru-paru di antara mereka”
(Mazmur 106: 14-15).

Jika Anda berseru kepada Tuhan, “Saya ingin melakukan yang ingin saya lakukan saat saya ingin melakukannya,” terkadang Dia akan memberikan apa yang Anda inginkan. Namun, seringkali ada konsekuensi yang tidak mengenakkan bila Anda mendapatkan semua yang Anda inginkan.

Jika Anda makan semua yang Anda mau, kapan pun yang Anda mau, dapat menyebabkan obesitas dan gula darah tinggi. Minum semua yang Anda mau, kapan pun yang Anda mau, dapat menyebabkan ketergantungan pada alkohol dan penyakit jantung. Mengabaikan pedoman Tuhan yang sudah sangat jelas tentang karunia seks dapat menyebabkan penyakit kelamin menular dan hancurnya keluarga.

Ketika Anda mengabaikan prinsip-prinsip sehat yang telah Tuhan ajarkan dalam Alkitab, maka itu sama saja Anda memberitahu Dia bahwa Anda merasa lebih tahu. Tetapi ketidaktaatan selalu memiliki konsekuensi, kadang besar dan kadang kecil.

Tidak ada waktu yang lebih baik selain hari ini untuk mulai membuat pilihan dalam ketaatan pada Firman Tuhan.

Renungkan hal ini:
– Apa konsekuensi terbesar yang pernah Anda alami oleh karena ketidaktaatan Anda kepada Tuhan?
– Pikirkan tentang satu momen di mana Tuhan tidak memberikan semua yang Anda inginkan. Apa yang Anda pelajari dari pengalaman itu?
– Bagaimana Tuhan telah menggunakan pandemi ini untuk menarik Anda agar lebih dekat dengan-Nya? Apakah Anda selama ini telah setia menaati apa yang Dia minta lakukan? Apakah Anda taat pada panggilan-Nya selama masa-masa sulit sekarang?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 36-38; Matius 10:21-42

Ketika Anda hidup dengan cara yang memuliakan Tuhan, maka Anda akan mendapati berkat-berkat besar mengikuti hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren